Lowongan CPNS KEMENTERIAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL

September 12, 2017


 Hai apa kabar semuanya, Nah di hari ini kami akan update dan share lagi info lowongan kerj terbaru dari berbagai perusahaan yang ada di Indonesia, nah kami punya kabar baik lagi tentang lowongan kerja terbaru nah di mana ada lowongan kerja CPNS untuk banyak posisi yang sedang di buka yaitu, KEMENTERIAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL di bulan September ini sedang membuka lowongan kerja untuk calon CPNS informasinya sebagai berikut:


PENGUMUMAN
NOMOR: 01/PANSEL-CPNS/09/2017

TENTANG
PELAKSANAAN SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
KEMENTERIAN PPN/BAPPENAS TAHUN ANGGARAN 2017

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 83 Tahun 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2017, kami memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan informasi lowongan, tatacara pendaftaran serta jadwal seleksi sebagai berikut:

I.       JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN, JUMLAH DAN JENIS FORMASI

A.  Lowongan Penerimaan CPNS
Formasi Jabatan, Kualifikasi Pendidikan dan Jenis Formasi adalah sebagai berikut:














Jenis Formasi







No


Jabatan


Kualifikasi Pendidikan


Cumlaude


Disabilitas


Putra/i


Umum


Jumlah















Papua



































PERENCANA
3

1

1

33

38


























Catatan :
Unit Kerja Penempatan secara detail dapat dilihat dalam lampiran dan dapat diakses di http://ift.tt/2feMffp atau https://sscn.bkn.go.id .

B. Kriteria Pelamar

1)     Sesuai dengan kebijakan nasional, kebutuhan jabatan diperuntukkan bagi pelamar dengan kriteria :

a.  Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (Cumlaude/dengan pujian) dari Perguruan Tinggi Akreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus Cumlaude/pujian pada ijazah dan transkrip nilai.

b.  Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan diskusi.

c.  Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria :
a)    Menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat (dibuktikan dengan Fotocopy Ijazah yang dilegalisir)

b)   Garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua (yang dibuktikan dengan Akta Kelahiran Pelamar, Fotocopy KK, KTP orang tua (bapak kandung) dan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa).
d.  Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas.
2)    Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

C. Persyaratan Pelamar

1.      Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.      Sehat jasmani dan rohani.

3.      Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.

4.      Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

5.      Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, anggota TNI/POLRI atau siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
6.      Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terllibat dalam politik praktis.

7.      Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir sebagai CPNS).

8.      Untuk jenis formasi Cumlaude Perguruan Tinggi/Universitas dan Program Studi terakreditasi A/Unggul.

9.      Untuk jenis formasi Putra/i Papua, Disabilitas dan Umum :

a.    Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 untuk kualifikasi pendidikan S1 dan minimal 3.25 untuk kualifikasi pendidikan S2.
b.    Akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi Swasta minimal A.
10.   Usia Pelamar pada tanggal 1 September 2017 :

a.  Minimal 18 tahun Maksimal 30 tahun untuk kualifikasi pendidikan S1.

b.  Minimal 18 tahun Maksimal 35 tahun untuk kualifikasi pendidikan S2.

II.  TATA CARA PENDAFTARAN

1.    Pendaftaran online dimulai tanggal dari tanggal 11 September 2017 sampai dengan tanggal 25 September 2017 pukul 23.59 WIB secara online pada laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

2.    Pelamar hanya diperbolehkan melamar pada 1 (satu) Instansi. Apabila pelamar sudah melamar pada Kementerian PPN/Bappenas, maka tidak diperkenankan melamar pada Instansi lain.

3.    Pada saat pendaftaran secara online, Pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran onlineserta mengunggah (upload) dokumen dalam bentuk (.pdf), dokumen terdiri dari :

a.    Surat Lamaran ditujukan kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas di Jakarta, diketik, ditandatangani. (format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id)

b.    Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

c.    Ijazah dan Transkrip Nilai asli;

d.    Surat Pernyataan yang telah diketik, ditandatangani dan dibubuhi materai Rp. 6000,-. (format surat pernyataan terlampir dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id)

e.    Pas Photo ukuran 4x6 dengan latar belakang merah sebanyak 1 lembar.

  • Pelamar  yang  dinyatakan   lulus  seleksi  administrasi   akan  diumumkan   pada  tanggal 30 September   2017  dan  dapat  mencetak   kartu  peserta  ujian  secara  online  melalui laman  https:/Isscn.bkn.go.id    tanggal  2 - 6 Oktober  2017.
III.   TAHAPAN SELEKSI CPNS
Tahapan Seleksi CPNS Kementerian PPN/Bappenas, terdiri dari :

1. Seleksi Administrasi.
Panitia  akan  melakukan  seleksi  administrasi  terhadap   kesesuaian  persyaratan
pelamar, kualifikasi pendidikan, akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi dan kelengkapan dokumen yang telah diunggah (up/oad).  Pelamar yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) (berbasis Computer  Assisted   Test)
Sub Tes dalam Seleksi Kompetensi Dasar terdiri dari :
a) Tes Wawasan Kebangsaan b) Tes Intelegensia Umum
c) Tes Kepribadian
Kelulusan berdasarkan nilai ambang batas (Passing   Grade)  yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB. Pelamar yang memenuhi nilai ambang batas (Passing  Grade)  berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang Tahap 1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memiliki bobot penilaian 40% dari Kelulusan Nilai Akhir.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Tahap 1, yaitu : Tes Potensi Akademik (TPA) Sub Tes dalam Tes Potensi Akademik terdiri dari :
a) Verbal
b) Kuantitatif
c) Penalaran
dengan standar  skor  kelulusan minimal  565.  Pelamar yang  memenuhi  nilai skor
sekurang-kurangnya 565 berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang Tahap 2.

4. Seleksi Kompetensi Bidang Tahap 2, yaitu Psikotes dan Wawancara.
Rangkaian tes ini akan diikuti oleh Pelamar yang telah lulus dari Seleksi Kompetensi Bidang Tahap  1. Maksimal jumlah  peserta yang dapat mengikuti tahap ini adalah sebanyak 3 kali jumlah formasi jabatan. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) memiliki bobot penilaian 60% dari Kelulusan Nilai Akhir.

5. Kelulusan Nilai Akhir merupakan hasil peringkat kelulusan dari komponen penilaian
yaitu : 40% Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan 60% Seleksi Kompetensi Bidang
(SKB) Tahap 2.

Info selengkapnya: di sini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »